Rumput Kebar Asli Papua Penyubur Kandungan Hub. 0857 4310 5339 | Pin BB: DA7FF44D GARANSI UANG KEMBALI JIKA TIDAK ASLI

Trisemester 1 Kehamilan. Apa yang Perlu Diperhatikan?

Kehamilan umumnya dibagi menjadi 3 berdasarkan usianya, yaitu 0-4 bulan (trimester 1), 4-7 bulan (trimester 2) dan 7-9 bulan (trimester 3). Di trimester pertama kehamilan banyak sekali perubahan yang terjadi pada Bunda, menuntut Bunda harus menyesuaikan diri dengan kondisi barunya. 

Pada masa ini janin baru saja terbentuk di rahim Bunda. Inilah masa dimana organ luar maupun dalam si jabang bayi mulai tumbuh. Yang banyak dirasakan Bunda adalah mual, disebabkan adanya hormon HCG (hormon yang membuat testpack memunculkan 2 garis tanda positif hamil). Namun, ada juga yang tidak merasa mual. Semua itu balik lagi ke kondisi masing-masing orang.

Berikut adalah informasi mengenai apa saja yang perlu diperhatikan ibu hamil (bumil) dengan usia kehamilan 0-4 bulan (trimester 1).

  1. Banyak istirahat. Perhatian khusus ditujukan untuk Bunda yang tidak merasa mual, karena sebenarnya mual itu bisa diartikan komunikasi bayi ke Bunda. Sang bayi meminta Bunda untuk banyak istirahat, jangan terlalu capek. Jadi, istirahat yang cukup merupakan salah satu kebutuhan utama bagi Bunda yang sedang hamil.
  2. Sedia antimual. Misalnya: minyak kayu putih, minyak angin, buah-buahan (jeruk, apel, dll). Kebutuhan antimual bagi setiap Bunda yang hamil berbeda-beda. Menyesuaikan kebutuhan saja.
  3. Memastikan perut tidak kosong. Janin membutuhkan banyak nutrisi untuk berkembang. Dari mana lagi kalau tidak didapatkan dari Bundanya? Untuk itu, pastikan agar Bunda selalu makan makanan yang bergizi tinggi (zat penting saat kehamilan diantaranya adalah asam folat, zat besi, kalsium). Perkaya jenis makanan yang dimakan. Itu akan sangat baik.
  4. Olahraga ringan. Jalan di pagi hari sekitar pukul 6.00 selama 15-30 menit merupakan olahraga paling ideal untuk kehamilan trimester 1. Tapi jangan lupa untuk memastikan Bundasudah mengkonsumsi karbohidrat sebelum berolahraga. Perlu diingat olahraga berat seperti angkat beban, kick boxing atau karate sangat tidak disarankan selama kehamilan. Beberapa gerakan yoga ringan (terutama pengaturan nafas) juga dapat diaplikasikan.
  5. Membiasakan tidur miring. Banyak wanita yang terbiasa tidur terlentang atau tengkurap. Kebiasaan ini harus dihidari selama masa kehamilan. Posisi tidur paling ideal saat hamil adalah miring, terutama miring ke kiri karena inilah posisi yang tidak menghambat pembuluh balik untuk melakukan tugasnya. Sebagai variasi dan supaya tidak pegal, dapat sekali tidur miring ke kanan. Mulailah membiasakan diri untuk tidur miring sejak awal kehamilan. 
  6. Komunikasi yang baik dengan pasangan. Sering kali perubahan hormon mempengaruhi mood saat hamil. Milikilah mood yang bagus. Banyak berkomunikasi dengan suami. Misalnya dalam bentuk jalan-jalan kecil bersama, nonton bersama atau masak bersama. 
  7. Seputar seks. Berhubungan intim dengan pasangan selama kehamilan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Usahakan agar posisinya tidak menekan perut yang sedang hamil. Selain itu, posisi janin dalam kantung rahim mempengaruhi seberapa boleh hubungan seks dilakukan selama hamil. Posisi janin dalam kantung rahim dibagi menjadi 3, yaitu di atas, di tengah, dan di bawah. Resiko tertinggi adalah jika posisi janin di bawah, yaitu dekat mulut rahim, sedangkan resiko terendah adalah jika posisi janin berada di paling atas kantung rahim. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sel sperma dapat menyebabkan kontraksi rahim. Di trimester 1 ini, adanya kontraksi bisa menimbulkan pendarahan. Jika itu terjadi, harus segera menghubungi dokter.
  8. Menyiapkan pakaian dalam yang nyaman. Gunakan pakaian yang nyaman dipakai dan tidak terlalu ketat.
  9. Menghindari makanan-makanan tertentu. Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk Bunda yang sedang hamil dengan alasan memberi pengaruh buruk pada kehamilan dan janin. Diantaranya adalah nanas, durian, daging kambing, makanan mentah atau setengah matang, dan lain-lain. 
  10. Ngidam. Kebanyakan Bunda merasakan ngidam. Ngidam itu sebetulnya bukan pada jenis makanannya, tetapi pada zat yang dikandung makanannya. Misalnya, saat ngidam makan bakso, sebenarnya itu adalah bentuk komunikasi tubuh bahwa ia membutuhkan zat utama yang terkandung dalam bakso, yaitu protein dan lemak. Berhubung bakso itu kurang disarankan bagi kehamilan, ganti bakso dengan olahan daging yang lebih fresh dan tidak diproses berulang, misalnya dibuat sop. 
  11. Naik pesawat terbang. Sangat tidak dianjurkan untuk naik pesawat bagi Bunda yang hamil di trimester 1 hingga usia kehamilan 4 bulan. Dikhawatirkan goncangan di pesawat terbang memberi pengaruh buruk pada janin, serta dikhawatirkan pula Bunda mengalami shock serta kelelahan yang berlebihan. Banyak pengalaman wanita hamil yang keguguran setelah naik pesawat di usia kehamilan belum mencapai 5 bulan. 
  12. Mengemudikan mobil atau motor. Diusahan untuk tidak mengemudikan mobil ataupun motor bagi kehamilan trimester 1, karena dikhawatirkan Bunda menjadi stress atau lelah. Stress, kaget dan lelah dapat memicu kontraksi dini hingga pendarahan bagi ibu dengan usia kehamilan 0-4 bulan.





@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Next Posting Lama
Trisemester 1 Kehamilan. Apa yang Perlu Diperhatikan? | Rumput Kebar | Cara Cepat Dapat Momongan